Kamis, 19 Januari 2012

Dialog anak indonesia

DIALOG ANAK INDONESIA


Andai aku orang kaya
Aku akan memakai mobil mewah
Dan pakaian bermerk gressida
Sepatu mengkilat, bata
Bukan seperti sekarang...
Aku yang setia dengan sandal jepit
Bekas suletan rokok dikiri dan kanan
Yang menemaniku mengantar koran pagi ke rumah-rumah...

Andai aku orang kaya
Akan ku berikan separuh kekayaanku
Untuk orang miskin papa
Dan penjual kacang rebus di bus kota...
Agar tak ada lagi bayi-bayi kecil
Nangis tanpa air mata
Di emperan toko...

Andai kau orang kaya
Akan ku bangun sekolah-sekolah
Untuk mereka bocah kecil
Buta aksara
Pasti mereka senang bukan payang
Biar tak selalu bekerja genjrang-ganjring
Tanpa upah

Andai aku orang kaya
Akan ku beli aset-aseti ternama
Ku berikan pada janda-janda tua
Atau pada mereka wanita malam
Pemuas nafsu penguasa...

Andai aku orang kaya
Akan ku dirikan restoran seperti di Amerika
Agar emak dan para tetangaku
Tak selalu mengais beras
Untuk dimakanagi buta
Bersama sanak keluarga

Andai aku orang kaya
Aku ingin berseragam putih merah
Dan rumah mewah
Aku ingin makan pizza dan minum coca-cola
Berkejaran dengan teman sebaya
Di lapangan luas sekolah

Andai aku orang kaya
Aku ingin tertawa
Ha...ha...ha...
Ah, itu hanya mimpi
Aku yang anak Indonesia
Tak tau apa-apa....
Hidup dengan andai-andai
Yang selalu mengintip penguasa kaya
Dari balik gerbang yang bernama
“Indonesia Kaya”

Hem...andai saja aku orang kaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar