Minggu, 05 Februari 2012

pengetahuan kita

--Manfaat tanaman anggrek dalam pengobatan--
Sebagai salah satu sumber pengobatan tertua di dunia terutama pengobatan herbal, tanaman anggrek telah banyak dimanfaatkan oleh bangsa China sejak dahulu kala. Seperti yang dituliskan oleh Prof. J Bulpitt dalam artikelnya: The use of orchids in Chinese medicine, beberapa spesies anggrek seperti spesies anggrek Dendrobium (Dendrobium Moniliforme), Gastrodia Elata, Bletilla Striata, Anoectochilus formosanus, Cremastra Appendiculata, telah dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional China.
Selain bunganya yang unik dan menarik, dari informasi jenis herbal dibawah kita akan bisa melihat beberapa manfaat tanaman anggrek:
Shi – Hu : Dengan mengkomposisikan sebanyak lima jenis anggrek Dendrobium, jenis herbal ini dianggap efektif dalam menangkal beberapa penyakit atau sindrom yang berhubungan dengan paru-paru, ginjal dan perut seperti kehausan, demam, lidah merah, faucitis, gastritis atrofi dan diabetes.
Tin – Ma: Herbal jenis ini memanfaatkan anggrek spesies Gastrodia Elata yang dikombinasikan dengan herbal lain dan dianggap efektif dalam mengobati beberapa gejala atau penyakit yang bersumber dari gangguan akan angin seperti: rasa pusing, kejang, hipertensi dan stroke.
Bai – Ji: Herbal ini memanfaatkan spesies anggrek Bletilla Striata. Ekstrak dari anggrek ini sekarang banyak digunakan untuk pengobatan yang beruhubungan denga hemoptisis dan perdarahan dari ulkus lambung dan trauma.
Jin – Sian – Lian: Herbal jenis ini di ekstrak dari dua anggrek spesies jenis Anoectochilus formosanus dan A. Koshunensis. Herbal ini banyak dimanfaatkan untuk pencegahan infeksi akibat dari luka bakar.
San – Ci – Gu: Nama herbal ini adalah juga nama jenis anggrek Cremastra Appendiculata yang juga biasa disebut sebagi Tulip China. Herbal ini memberi efek ‘dingin’ dan dapat digunakan dalam pengobatan beberapa penyakit yang berhubungan dengan ‘api’ dan ‘racun’, seperti faucitis, tonsilitis, hipertensi dan kanker.

--Manfaat tumbuhan lumut--

Tumbuhan lumut tidak berperan langsung dalam kehidupan manusia , tetpai ada spesies tertentu yang dimanfaatkan oleh penduduk untuk mengobati hepatitis, yaitu Marchantia polymorpha. Selain itu jenis – jenis lumut gambut dari genus sphagnum dapat digunakan sebagai pembalut atau pengganti kapas.

Beberapa tumbuhan lumut dimanfaatkan sebagai ornamen tata ruang. Beberapa spesies Sphagnum dapat digunakan sebagai obat kulit dan mata.

Tumbuhan lumut yang tumbuh di lantai hutan hujan membantu menahan erosi, mengurangi bahaya banjir, dan mampu menyerap air pada musim kemarau.

--Manfaat minyak atsiri yang terkandung didalam sereh--
Kandungan & Manfaat : Minyak atsiri yang terkandung pada sereh berkhasiat antiradang dan menghilangkan rasa sakit. Sereh yang dibuat minyak bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah.

Kegunaan :

1. Nyeri Sendi
Minyak sereh (bisa dibeli di toko obat) diborehkan pada sendi yang nyeri.

2. Terkilir
2 batang sereh, 3 kemiri ditumbuk sambil diberi sedikit air. Lalu, panaskan ramuan tersebut diatas api. Setelah ramuan itu panas, oleskan ke bagian yang terkilir.

3. Gusi Bengkak, Sakit Gigi
40 g sereh segar direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Gunakan ramuan ini untuk kumur.

4. Batuk :
50 g sereh kering direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minumramuan ini 3x sehari.
5. Sakit Maag, Melancarkan Haid
Resep sama dengan No. 3. Minum ramuan ini 2x sehari, sesudah makan.

--Manfaat tumbuhan Kersen--
– Kersen Atau Talok adalah nama tanaman yang memiliki buah kecil berwarna merah seperti cery bila buahnya matang maka rasanya manis. Di beberapa daerah ada yang menyebutnya cery ada juga yang menyebutnya baleci untuk daerah lumajang jawa barat kemudian nama tanaman ini di beberapa negara adalahEnglish) Jamaican cherry, Panama berry, Singapore cherry, Strawberry tree; (Spanish) bolaina yamanaza, cacaniqua, capulĂ­n blanco, nigua, niguito, memizo or memiso; (Indonesia) kersen; dan (Filipino) aratilis, aratiles, manzanitas. sedangkan nama latin atau nama ilmiah untuk tanaman ini adalah Muntingia calabura, tanaman ini banyak di temui di daerah tropis. banyak juga ditemui di pinggir selokan, retakan dinding, bahkan penulis juga pernah menemukan tanaman ini di tebing yang curam mungkin karena ketahananya ini tanaman ini juga di sebut tanaman pionir.
--Kandungan Gizi dalam tumbuhan kersen--
dikutip dari iptek(dot)net setiap 100 gram tanaman ini memiliki kandungan : 76,3 g air, 2,1 g protein, 2,3 g lemak, 17,9 g karbohidrat, (,0 g serat, 1,4 g abu, 125 mg kalsium, 94 mg fosfor, 0,015 mg vitamin A, 90 mg vitamin C. Nilai energinya 380 kJ/100 g. Hingga sekarang masih sedikit sekali penelitian yang mengambil tema tentang tanaman kersen ini bisa jadi ditemukan manfaat lain yang bisa menolong manusia di masa depan.[ps].
--Manfaat tumbuhan mengkudu --
Bagian terpenting dari tanaman ini untuk kesehatan dan sebagai obat adalah bagian buahnya. Hasil penelitian membuktikan senyawa metabolit sekunder yang terkandung pada buah Mengkudu seperti: 1. Alkaloid (xeronin) bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas enzim dan struktur protein serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh; 2.Polisakarida (asam glukoronat,glikosida) untuk imunostimulan dan anti kanker; 3.Skopoletin untuk memperlebar pembuluh darah, analgesik, antibakteriantifungi, antiradang, dan antihistamin; 4. vitamin C sebagai antioksidan; 4. Serat makan untuk menurunkan kolesterol, mengikat lemak dan mengatur kadar gula darah.

Selain buah, bagian lain tanaman Mengkudu yang juga bermanfaat bagi kesehatan adalah daun dan akar. Bagian daun mengandung senyawa Glikosida (flavonol glikosida) untuk obat cacing dan TBC, sedangkan bagian akar terdapat senyawa Antrakuinon (damnakantal) yang berfungsi sebagai antikanker, antibakteri, dan antiseptik.

Manfaat lainnya dari akar tanaman ini selain untuk kesehatan ternyata dapat digunakan dalam industri yaitu sebagai pewarna kain batik karena mengandung senyawa morindon dan morindin yang dapat memberikan warna merah dan kuning. Sedangkan biji Mengkudu mengandung minyak yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik, minyak gosok dan pembuat lilin.

Mengkonsumsi Buah Mengkudu

Buah Mengkudu yang telah masak paling praktis langsung dikonsumsi (dimakan langsung), namun belum tentu setiap orang berselera karena aroma bau buah ini sangat tidak menyenangkan. Hal ini dikarenakan adanya asam kaproat dan kaprat yang menyebabkan bau tidak sedap yang menyengat. Untuk mengatasinya, kita tambahkan gula merah atau madu pada jus buah sebagai minuman sari buah Mengkudu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar