Rabu, 22 Februari 2012

Ni dia KEUtamaan MEMBAca bismillAh



 kawan-kawan sekalian Yang seiman dan sperjuangan,,,

kadang kita terlupa tentang hal menurut kita itu sepeleh tapi dibalik itu malh banyak manfaat..

ok agar kita tidak terlanjur melupa

yuk kita simak sama-sama tentang beberapa hadist yang menjelaskan tentang keutamaan membaca basmalah..

dan tentunya kita praktekkan ya...

ingat!!! sekecil apapun pekerjaan yang kita lakukan jangan lupa baca "BASMALAh"



• Perhatikan Hadist Nabi SAW masih bersumber dari Abu Hurairah ra dengan sedikit perbedaan redaksi dan ditambah seorang lagi yang meriwayatkannya yaitu An-Nasa’i :
Artinya : “ Abu Daud, An-Nasa’i dan Ibnu Majah telah mengeluarkan Hadist dari Abu Hurairah ra dari Nabi SAW bahwasanya beliau telah bersabda : “ Setiap perkara yang penting yang tidak dimulai dengan (membaca) Bismillahirrohmannirrohiim, maka ia (perkara) itu akan buntung, artinya sedikit faedahnya dan barokahnya.” ( HR Abu Daud, An-Nasa’i dan Ibnu Majah )

• Dan Hadist Nabi SAW :
Artinya : “ Daraqutni pernah mengeluarkan Hadist dari Ibnu Umar ra bahwa Rosulullah SAW bersabda : “ Malaikat Jibril, apabila datang kepadaku dengan membawa Wahyu (dari Allah) yang pertama kali disampaikannya kepadaku adalah (lafadz) Bismillahirrohmannirrohiim.” ( HR Daraqutni )


• Kemudian Hadist Nabi SAW :
Artinya : “ Ibnu Sunny dan Dailami mengeluarkan Hadist Marfu dari Sayyidina Ali ra : “ Jika engkau jatuh dalam kesulitan maka ucapkanlah : Bismillahirrohmannirrohiim, wa laa haulaa wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘adhiim. Artinya, Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, tidak ada daya dan tidak ada kekuatan selain dengan (pertolongan) Allah Yang Maha Tinggi Lagi Yang Maha Agung. Maka Sesungguhnya Allah SWT akan menghindarkan dengan (sebab bacaan) itu apa yang Ia kehendaki dari bermacam-macam cobaan.” ( HR Ibnu Sunny dan Dailami )

• Kemudian Hadist Nabi SAW :
Artinya : “ Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra dia berkata : Rosulullah SAW telah bersabda : “ Barangsiapa yang mengucapkan Bismillahirrohmannirrohiim, wa laa haulaa wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘adhiim. Artinya : Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, tidak ada daya dan tidak ada kekuatan selain dengan (pertolongan) Allah Yang Maha Tinggi Lagi Yang Maha Agung, maka Allah akan membebaskan dari padanya 70 (tujuh puluh) pintu dari berbagai macam bala’ (cobaan), dan kesulitan, kegundahan serta dosa-dosa kecil.”

• Dan Hadist Nabi SAW yang ini :
Artinya : Dari Anas bin Malik ra berkata : Rosulullah SAW bersabda : “ Seandainya pepohonan dijadikan qolam (pena) dan lautan dijadikan tinta serta Jin, Manusia dan Malaikat berkumpul untuk menulis makna Bismillahirrohmannirrohiim selama ribuan tahun lamanya, niscaya mereka tidak akan mampu menulis sepersepuluhnya pun.

>diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi, bahwa Nabi SAW telah bersabda : “ Jika salah seorang diantara kamu makan maka hendaklah ia menyebut nama Allah : Bismillahirrohmannirrohiim. Dan jika terlupa dan baru teringat setelah beberapa saat maka hendaklah ia mengucapkan : Bismil Laahi Awwalahu Wa Aahirohu.” ( Dengan Nama Allah pada permulaan dan akhir).
Diterangkan dalam sebuah Hadist bahwa suatu ketika Rosulullah SAW melihat seorang yang sedang makan dengan lahapnya. Tidak lama kemudian terlihat Rosul tersenyum (tertawa perlahan). Melihat demikian, Sahabat bertanya : Ya Rosulullah kenapa tiba-tiba tersenyum melihat orang yang sedang makan itu. Rosulullah SAW menjawab : Orang itu ketika makan tadi lupa mengucap Basmallah, tetapi ketika teringat, ia mengucapkan : Bismil Laahi Awwalahu Wa Aahirohu ( Dengan Nama Allah pada permulaan dan akhir). Mendengar ucapan Basmallah tersebut spontan Syetan yang tadi ikut makan bersama orang itu (karena orang yang makan tanpa mengucapkan Basmallah, Syetan ikut makan bersamanya) mengerang kesakitan dan muntah-muntah semua makanan yang sudah berada didalam perut Syetan dikeluarkan kembali. Itu sebabnya kenapa Rosulullah SAW tersenyum.

>dan satu lagi yang harus kita ketahui bahwa sanya syaitan itu akan mengganggu orang yang gak pernah ngucapin basmalah baik ketikqa ia hendak makan atau pun yang laennya
karana menurut syaitan dengan begitu ia lebih leluasa menjerumuskan anak adam ke neraka..


nah gimana?

untuk itu biasakanlah kita memulai sesuatu dengan membaca basmalah

1 komentar: